E-MARKETPLACE
Oleh :
Ilmaya
Khaiyuma (4114064)
Dosen Pengampu :
PRODI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL
‘ULUM JOMBANG
(UNIPDU)
Tahun Akademik 2016
KATA PENGANTAR
Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkat pertolonganNya saya dapat menyelesaikan
makalah “E-Marketplace” ini. Adapun makalah ini disusun untuk memenuhi tugas
mata kuliah Pengembangan dan Implementasi Sistem Informasi. Makalah ini di
susun juga agar supaya para pembaca bisa mengerti dan memahami tentang
E-Marketplace.
Dalam penyusunan makalah ini ada banyak pihak yang membantu, untuk itu saya
berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam
penyusunan makalah ini. Makalah ini masih belum bisa di katakan sempurna masih banyak yang masih perlu untuk di
perbaiki untuk itu saya harap para pembaca bisa memahami serta memberi saran yang
baik. Semoga makalah ini dapat berguna bagi para pembaca dan bagi Dosen mata
kuliah Pengembangan dan Implementasi Sistem Informasi yang akan memeriksa serta
membacanya.
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Salah satu
bentuk modernisasi yang sedang
berkembang adalah
pemanfaatkan teknologi internet
dalam bidang perdagangan (transaksi jual beli), pada awalnya perdagangan hanya dilakukan dengan
model konvensional dimana masih
terkendala dengan batas
ruang dan waktu,
seiring dengan meningkatnya jumlah
pengguna dan kemudahan dalam
mengakses internet,
perdagangan dengan model konvensional mulai dikembangkan menjadi
perdagangan secara elektronik, dimana
penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi tanpa
dibatasi oleh teritori ruang (geografis) maupun waktu (Saeful,
Fahmi 2015).
Salah satu teknologi informasi yang berkenaan dengan perdagangan secara
elektronik adalah E-Marketplace.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apa
yang imaksud dengan E-Marketplace?
2. Bagaimana
Evolusi dari E-Marketplace?
3. Apa
saja komponen dari E-Marketplace?
4. Apa
saja tipe dari E-Marketplace?
5. Apa
manfaat dari penggunaan E-Marketplace?
1.3 Tujuan
1. Mengetahui
definisi dari E-Marketplace
2. Mengetahui
evolusi dari E-Marketplace
3. Mengetahui
komponen dari E-Marketplace
4. Mengetahui
tipe E-Marketplace
5. Mengetahui
Manfaat yang didapat dalam penggunaan E-Marketplace
BAB
2
PEMBAHASAN
2.1 Definisi E-Marketplace
E-Marketplace merupakan media online berbasis internet
(web based) tempat melakukan kegiatan bisnis dan
transaksi 3 antara pembeli dan
penjual. Pembeli dapat mencari supplier
sebanyak mungkin dengan kriteria
yang diinginkan, sehingga memperoleh sesuai harga pasar.
Sedangkan bagi supplier/penjual dapat
mengetahui perusahaan-perusahaan
yang membutuhkan produk/jasa mereka(R.E.Indrajit,
2007).
2.2 Evolusi E-Marketplace
Di dalam
dunia maya, E-Marketplace berkembang melalui
empat tahapan evolusi, Keempat tahapan
evolusi tersebut masing-masing adalah(R.E.Indrajit, 2007) :
1. Commodity
Exchanges
Pada bentuk
awal ini, EMarketplace
merupakan arena tempat bertemunya
berbagai pihak atau entiti
yang memilki tujuan utama
untuk berdagang (transaksi jual-beli). Produk atau
jasa yang paling cocok untuk
diperdagangkan dalam E-Marketplace ini
adalah yang bersifat komoditas.
2. Value-Added
Services
Perkembangan berikutnya
dari EMarketplace akan
menuju kepada terbentuknya sebuah arena
dimana terciptanya sebuah bentuk penawaran -
penawaran baru terhadap sebuah
metode jual-beli yang belum/sulit
terjadi di pada pasar konvensional (value
added services). Filosofi utama
yang mendasari jenis perdagangan ini adalah
suatu pandangan yang mengatakan bahwa
setiap konsumen (atau calon pembeli) adalah unik,
sehingga mereka sebenarnya mengharapkan
untuk memperoleh atau dapat
membeli produk atau jasa yang khusus sesuai dengan kebutuhan atau
kesukaan masing-masing individu.
3. Knowledge
Networks
Perkembangan berikutnya
dari EMarketplace adalah
menuju ke sebuah komunitas yang berbasis pengetahuan (knowledge).
4. Value
Trust Networks
E-Marketplace berkembang
ke sebuah jejaring yang
merupakan pusat bertemunya berbagai individu, komunitas, institusi,
perusahaan, bisnis,
pemerintah, negara, dan entiti-entiti lain
yang kehadirannya merupakan bagian
tak terpisahkan dari kehidupan
manusia.
2.3 Komponen E-Marketplace
Komponen dari sebuah marketplace
hampir sama dengan komponen pada pasar tradisional pada umumnya, yang paling
penting agar terjadinya sebuah transaksi adalah dengan adanya calon penjual dan
pembeli. Disini akan diuraikan beberapa komponen yang menunjang sebuah
marketplace itu sendiri, yaitu:
1.
Pelanggan
Pelanggan
berasal dari seluruh dunia, yang surf melalui Web.
2.
Penjual
Jutaan toko ada di Web, iklan dan menawarkan barang yang sangat bervariasi.
3.
Barang dan jasa
Barang dan jasa di EC mempunyai tipe fisik dan digital. Digital produk ini
adalah barang yang dibuah menjadi format digital dan di kirim melalui Internet.
4.
Infrastruktur
Network,
hardware, software dan lainnya adalah infrastuktur yang harus disiapkan dalam
menjalankan e-marketplaces.
5.
Front end
Penjual dan
pembeli berhubungan dalam marketspace melalui sebuah front end. Front end ini
berisi portal penjual, catalok elektronik, shopping chart, mesin pencari, mesin
lelang,
6.
Back end
Aktivitas
yang berhubungan dengan pemesanan dan pemenuhan pemesanan, manajemen
persediaan, pembelian dari pemasok, akuntansi dan financial, proses pembayaran,
pengepakan, dan pengiriman dilakukan di back end.
7.
Intermediaries
Pihak ke tiga yang mengoperasikan antara penjual dan pembeli. Kebanyakan
dioperasikan secara komputerisasi.
8.
Partner bisnis lainnya
Misalnya
pengiriman, menggunakan internet untuk berkolaborasi, kebanyakan dengan rantai
pemasok
9.
Jasa pendukung
Jasa sertifikasi, jasa keamanan biasanya masuk dalam jasa pendukung.
2.4 Tipe – Tipe Marketplace
Ada
tiga tipe e-marketplace, antara lain :
1. Private
e-marketplace, berupa pasar online tertutup dimana salah satu pihak (penjual/pembeli)
menentukan siapa pihak yang bertransaksi dengannya, sistemnya one to many dalam
private e-marketplace, ada dua macam metode
Ø Sell
side e-marketplace, perusahaan bertindak sebagai penjual menentukan siapa saja
pembelinya, kemudian pembeli dengan penawaran harga terbaik yang akan bertransaksi
dengan perusahaan tersebut 1adi ini semacam lelang tertutup.
Ø Buy
side e-marketplace, perusahaan bertindak sebagai pembeli, menentukan siapa saja
penjual yang qualified, kemudian penjual dengan penawaran produk dan harga
terbaik yang akan bertransaksi dengan perusahaan tersebut jadi ini
semacam open tender.
2. Public
e-marketplace, berupa pasar online terbuka dengan banyak penjual dan pembeli
(many to many). Ada tiga bentuk utama e-marketplace yaitu web store, electronic
stores/malls, dan web portals.
Ø Webstore adalah website toko online
yang didirikan oleh perusahaan untuk memasarkan produknya,
yang memasarkan produk lewat toko online nya sendiri.
Ø Electronic stores/malls,
e-mall ini adalah tempat dimana penjual - penjual berkumpul memasarkan produknya.
Jenis-jenis e-mallantara lain :
·
General E-malls, mall online tempat
dipasarkannya berbagai jenis produk dari berbagai penjual. Contohnya
seperti Zalora, Lazada, dll.
·
Specified e-malls,
mall online tempat dipasarkannya satu jenis produk dari berbagai penjual.
·
Regional e-malls, mall online yang hanya
ada di daerah tertentu (masih melayani secara regional
·
Global e-malls, mall online yang
sudah mendunia.
·
Pure e-malls, barang yang dijual digital
semua.
·
Click and mortar e-malls, mall online
yang produknya belum digital semua.
Ø Web portals adalah portal online yang menjadi gateway
ke produk atau informasi yang dibutuhkan. Misalnya ketika
masuk ke suatu halaman web yang menampilkan link-link ke toko online
berdasarkan spesifikasi tertentu, nah itulah yang disebut portal.
2.5 Manfaat E-Marketplace
Dengan
adanya e-marketplace ada beberapa manfaat yang di dapat :
1.
Efesiensi waktu
2.
Update dapat dilakukan setiap saat.
3.
Penggunaan sistemnya dapat
dilakukan dimana saja ketika ada koneksi internet
4.
Memudahkan pelanggan untuk
mengakses.karena dapat diakses dimana saja.
DAFTAR
PUSTAKA
Website
Jurnal
SAEFUL, FAHMI (2015) RANCANG
BANGUN E-MARKETPLACE DENGAN MODEL PROTOTYPING PADA DINAS KOPERASI DAN UMKM
PROVINSI JAWA TENGAH. Skripsi,Fakultas
Ilmu Komputer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar